Salam menulis kembali dari Daejon, South Korea^^

Lab of Forest Environment & Human Health,
Department of Environment & Forest Resources,
Chungnam National University,
Daejon, South Korea

Pertamanya bingung pas liat web ternyata ada blog saya sendiri yang sebenernya saya pun sudah lupa pernah buat blog ini. Terakhir nulis 2012 dan itupun tentang SWOT (salah satu bagian mata kuliah Ekonomi Perikanan di ESL, IPB).

Ekonomi Perikanan? Hmm.. salah satu mata kuliah yang susah menurut saya. Saya lebih suka Ekonomi Wisata. Tapi pas skripsi malah dibimbing sama Bapak Prof. Tridoyo Kusumastanto, salah satu guru besar di bidang perikanan dan juga Bapak Rizal Bahtiar, S.Pi, M.Si yang juga dosen ekonomi perikanan. Beruntung saya dibimbing kedua dosen tersebut. Walaupun lama dan sempet stress karena data yang harus diolah berpuluh-puluh kali, serta hitungan, cara penulisan, huruf-huruf keselip sampai titik koma dan garis pinggir yang harus dikoreksi dan diubah beratus-ratus kali. Tetapi
semua itu menjadi salah satu poin untuk mendorong saya mencari beasiswa keluar negeri, khususnya Korea Selatan.

Februari 2014 adalah bulan dimana saya menghadapi sidang skripsi. Satu minggu setelah itu Ayah ngasih brosur tentang beasiswa KGPA (Korean Green Promotion Agency). Deadline untuk pendaftarannya 5 hari lagi. Sempet mundur maju tapi sambil ngumpulin semua berkas yang diperlukan. Detik-detik terakhir pendaftaran sambil ketawa-ketawa sama ibu (karena kita ga yakin banget bisa diterima) pijit tombol Send (pengiriman berkas melalui email) dan.. terkirimlah berkas-berkas saya. >.<

Bulan Maret/April (saat itu saya baru selesai wawancara kerja di sebuah perusahaan ternama di daerah Jakarta Selatan) ternyata saya beruntung mendapatkan beasiswa full untuk melanjutkan pendidikan (S2) di Korea Selatan. Syukur tidak habis saya ucapkan hingga saat ini. Tapi disitulah saya harus memilih universitas. Saya pun memilih Seoul National University (SNU). Sayangnya ternyata pendaftaran SNU telah tutup sebelum pengumuman beasiswa KGPA keluar. Saya sempat mencoba menghubungi salah satu Profesor disana, beliau mau menerima saya tetapi untuk semester Spring 2016. KGPA pun memberikan solusi untuk mencoba daftar ke Chungnam National University (CNU). Saya pun mengiyakan dan saya urus berkas untuk daftar ke CNU. Saya harus menunggu pengumuman lagi di bulan Juni.

Bulan Juni saya sebut sebagai bulan saya. Karena ulang tahun saya jatuh pada bulan Juni. Tetapi tahun kemarin adalah bulan Juni yang paling saya tunggu karena:
1. tanggal 23 Juni yang ke 23 dalam hidup saya (it’s mean i’m 23 years old) hahaha..
2. tanggal 24 Juni dimana saya diwisuda
3. pengumuman CNU.

Alhamdulillah 3 moment itu bisa saya lewati dengan hati yang senang dan pastinya syukur. Bagaimana tidak, saya diberikan kesempatan untuk merasakan ulangtahun ke 23 di tanggal lahir saya, 23 Juni dan juga akhirnya saya diwisuda S1. Hadiah besar untuk orang tua saya (menurut saya saat itu). Tetapi saya juga ternyata bisa membuat orangtua lebih bahagia lagi saat saya di terima di CNU dengan beasiswa full dari KGPA. Senang rasanya melihat mereka bangga karena usaha saya dan rezeki dari Allah untuk saya.

Sudah 3 bulan saya berada di kota Daejon, Korea Selatan. Mempunyai banyak teman baru, baik dari negara sendiri maupun negara lain. Membiasakan diri menggunakan bahasa inggris dan bahasa korea. Padahal bahasa inggris saya pun tidak bagus. Tetapi mau tidak mau harus biasa. Punya teman-teman lab yang super duper baik dan teman-teman Indonesia yang sudah saya anggap sebagai keluarga kedua membuat homesick saya berkurang.

Tugas-tugas yang lumayan ‘berat’ karena harus pakai bahasa inggris, saya usahakan laluin dengan enjoy seperti waktu kuliah di IPB. Walaupun tidak sesantai di IPB dan saat sekolah dulu. Maklum, saya orangnya terlalu santai dan terkadang ga ada planning pasti untuk kedepannya seperti apa. Tetapi sejak disini, saya terbiasa untuk mengatur langkah kedepannya, bahkan sejam berikutnya saya harus melakukan apa. Enjoy tetap, tetapi terasa lebih teratur.

NB: blog sebelunya saya hapus.. jadi saya buat blog baru ini dan pindahin post yang tersisa dari blog lama kesini..

Buka lembaran baru, setiap hari adalah lembaran baru. setiap detik adalah cerita hidup kita.. Selamat menulis kembali ^^

One thought on “Salam menulis kembali dari Daejon, South Korea^^

Comments are closed.